Curhat di Facebook Bisa Bikin Depresi

Posted: Februari 5, 2009 in News

Senin, 02/02/2009 08:10 WIB
Fino Yurio Kristo – detikinet

curhat di situs jejaring sosial macam Facebook mampu membuat hati plong. Gadis muda khususnya, diwanti-wanti jangan terlalu banyak mengumbar permasalahan terutama dengan teman sebaya via Facebook dan media lainnya seperti SMS atau e-mail, karena malah bisa berujung depresi.

Pembicaraan masalah yang terus menerus, khususnya tentang kekecewaan cinta dinilai justru tidak membantu dan malah membuat mereka terobsesi. Itulah hasil studi yang dibesut oleh Dr Joanne Davila dan Liza Star, pakar psikologi dari Stony Brook University, Amerika Serikat.

Dilansir Telegraph dan dikutip detikINET, Senin (2/2/2009), mereka mewawancarai hampir seratus gadis usia belasan tahun dalam studi yang dipublikasikan di The Journal of Adolescence tersebut. Disimpulkan, tingginya level aktivitas diskusi dengan teman secara signifikan berhubungan dengan tingginya skala depresi.

“SMS, instant messaging, dan jejaring sosial membuat kaum muda lebih mudah cemas, yang akhirnya bisa berujung pada depresi,” papar Dr Davila.

Ia menambahkan, banyak berdiskusi memang menolong jika yang diajak bicara bisa menghadirkan solusi yang diperlukan. Namun sayangnya, kaum muda pada umumnya belum mampu menemukan cara efektif untuk mengatasi masalahnya sendiri. Itulah sebabnya mendiskusikan masalah antar teman sebaya mungkin tidak membantu, malah dapat berujung depresi.

sumber :www.bukamata1107.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s