Vday….Oh,Vday….

Posted: Februari 15, 2009 in Uncategorized

vdays Hmm…kalo diliat-liat tanggal 14 kemarin tuh heboh banget ya dengan pernak pernik Valentine’s day?! (disingkat : Vday). Kebetulan kemarin aku ke pusat kota, ada urusan. Di jalan aku merhatiin orang-orang, khususnya cewek-cewek. Ternyata banyak juga yang pake baju warna pink. Terus nggak sengaja di atas angkutan umum, ada juga cewek yang nenteng kue, diatasnya ditulis nama seorang cowok (hhmm….aku masih inget loh nama cowoknya,hehehe). Ada juga yang di atas angkutan umum (mungkin habis dari ber “valentine ria”), mesra banget sama cowoknya. Kupelototin aja, biar salah tingkah, hehehe….
Hmm….Vday.Mungkin kebanyakan dari masyarakat nggak ngerti historis alias sejarahnya,termasuk dari kalangan umat Islam.Dari artikel yang aku baca,Vday merupakan ritual sinkretisme,artinya penggabungan dari agama kristen dengan budaya Romawi kuno yang menyembah dewa-dewa.Bahkan cupid,si dewa asmara yang membawa panah cinta,dikabarkan pernah berzina dengan ibunya sendiri (Ih, menjijikkan!).Terus di zaman Roma kuno,tanggal 15 Februari adalah tanggal penyembahan Dewa Lupercus, dewa kesuburan yang disebut Perayaan Lupercalia. Para pemuka agama memberikan persembahan berupa kambing/domba kepadanya. Setelah itu mereka pun minum anggur terus lari-lari di dalam kota Roma dan menyentuh apa aja yang ada di situ sambil membawa kulit kambing/domba,termasuk para gadis atau perempuan muda.(Idih!!!jijay deh gue!)
Perayaan Lupercalia adalah rangkaian upacara pensucian di zaman Romawi kuno. Selang waktunya antara tanggal 13-18 Februari. Dua hari pertama (13-14 Februari),dipersembahkan buat Dewi Cinta (Queen for Feverish Love) bernama Juno Februata. Di hari itu, para pemuda berkumpul dan mengundi nama-nama gadis di dalam sebuah kotak. Lalu setiap pemuda mengambil nama dalam kotak secara acak. Dan gadis yang keluar namanya akan menjadi kekasihnya selama setahun. Tentunya untuk menjadi objek hiburan, bersenang-senang, and seks bebas.
Sebenarnya masih banyak lagi versi sejarah Vday ini. Tapi yang jelasnya bukan berasal dari Islam gitu loh! So sebagai orang yang ngaku muslim (nggak sekedar di KTP/kartu pelajar doang),kalo mau melakukan sesuatu mestinya dicari tahu dulu status hukumnya, termasuk merayakan Vday ini. Kita jangan sekedar ikut-ikutan tapi nggak tahu maknanya. Yo wess, sekarang kan udah tahu kalo ngerayain sesuatu di luar Islam tuh haram.So, jangan diulangi lagi ya? Tinggalin deh budaya “bodoh” kayak gitu.Kalo nggak, bisa berabe tuh!
Ingat, Rasulullah SAW pernah bersabda, “barang siapa yang mengikuti kebiasaan suatu kaum, maka ia termasuk golongan kaum tersebut”. Jadi kalo kita ikut merayakan atau setidaknya mengucapkan “selamat” di hari raya penganut agama lain, maka kita termasuk golongan mereka juga. Kamu mau dibilangin gitu? Aku sih ogah!

Komentar
  1. shinta mengatakan:

    assalamu’alaikum ukhti

    kasih sayang tuh setiap saat, gak harus nunggu moment

  2. ayuds mengatakan:

    wa’alaikum salam wr.wb.
    bener ukhti….sepakat!!!!
    kalo gitu, mana kado buat aku?hehehe….^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s