Petualangan Bisnis-Politik Dinasti Bush

Posted: Maret 19, 2009 in Uncategorized

bush

Dinasti Bush merintis kejayaannya dengan membangun korporasi kapitalisme modern pada awal abad XX. Dalam kancah bisnis waktu itu,mereka terlibat dalam usaha membangun hubungan finansial dan politik antara perusahaan-perusahaan AS dan Jerman. Koneksi tersebut kemudian berperan besar dalam hubungan internasional sepanjang abad XX.

Tahukah kita,bahwa ternyata ketika Jerman berada di bawah pimpinan Hitler,dan kondisi perekonomiannya melemah,penyokong dana militer Jerman adalah KORPORASI-KORPORASI AS?! Dana tersebut digunakan Hitler untuk membangun angkatan perang Jerman untuk memperluas kekuasaannya.Padahal pada Perang Dunia II,Jerman dan AS adalah dua negara yang saling bertikai.Sungguh konyol! para pengusaha Amerika memberikan bantuan kepada Jerman untuk menyerang negara mereka sendiri.Alasannya? Yup,Uang! Pada faktanya untuk pengusaha AS : DI HADAPAN UANG, KITA SEMUA SEIMAN. Padahal jelas,hal itu menyalahi Undang Undang Trading With Enemy Act yang berlaku di AS. Namun karena jaringan yang dibangun korporasi raksasa itu begitu luas dan pengaruhnya begitu besar, maka tak heran hukum tak bisa menjerat mereka.

Jaringan bisnis-politik yang dilakukan korporasi AS tersebut melibatkan dinasti Bush. Awalnya dimulai oleh Prescott Bush.Prescott Bush telah menjalin persahabatan dengan banyak tokoh penting semenjak masih menempuh pendidikan di Yale University,di antaranya Samuel Pryor (Pemilik Remington Arms Company) dan Arevell Harriman (putra E.H Harrriman,sang “baron” dalam bisnis kereta api). Dari ayahnya,Arevell Harriman mewarisi firma investasi bernama W.A. Harriman & Company.Pengelolaan ini dipercayakan kepada George Herbert Walker,yang kemudian menjadikan Prescott Bush sebagai menantunya. Dia adalah salah satu di antara yang menjalin hubungan dengan Nazi,partainya Hitler.Istilahnya, Prescott ini adalah bankirnya Nazi.Dan akhirnya,kekuasaan tersebut diwariskan kepada dua turunannya,yakni George Herbert Walker Bush dan George Walker Bush,dua orang yang pernah menduduki jabatan presiden di AS.

Dari semuanya itu,jaringan kekuatan korporasi AS di bawah kaum konservatif (partai republik),mulai menghegemoni dunia,utamanya setelah Perang Dingin, di mana AS tampil sebagai kekuatan tunggal dalam percaturan politik internasional. Kekuatan jaringan antar orang,kelompok korporasi,atau lembaga-lembaga resmi negara di sekeliling Bush -The Bush Gang- akhirnya mampu menembus hingga ke tingkat internasional seperti G 8, IMF,World Bank, WTO, dan lain sebagainya. Itulah malapetaka bagi dunia,di mana lewat organisasi-organisasi internasional itulah,hingga saat ini AS menghegemoni dunia dan terjadilah ketimpangan khususnya di negara-negara dunia ketiga di mana kemiskinan merajalela.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s