Ramadhan dan Persatuan di Negeriku

Posted: September 1, 2009 in Uncategorized
Tag:

sama

Ramadhan, momentum yang tepat untuk menggambarkan betapa indahnya persatuan di negeri ini, Indonesia. Bulan yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, telah memberikan nuansa hangat yang dihiasi kebersamaan. Isu terorisme yang akhir-akhir ini tengah hangat diperbincangkan, sedikit banyak telah memberikan ketegangan di tengah-tengah masyarakat. Namun, dalam suasana Ramadhan, kita melihat kebersamaan dan ketegangan tersebut seakan-akan hilang. Semua larut dalam suasana ruhiyah yang kuat (terutama bagi kaum Muslim). Di Sulawesi Utara, kita bisa melihat umat Islam menjadi minoritas. Tapi saat ramadhan, umat lain di sana menghargai umat Islam yang sedang berpuasa. Ini merupakan gambaran yang luar biasa.

mkn

Persatuan adalah hal yang terpenting bagi suatu negara. Karena dengan persatuan, kita bisa menilai seberapa kuat negara tersebut. Jika terjadi perpecahan di sana sini, bagaimana mungkin suasana damai itu bisa tercipta? Mustahil! Karenanya, diharapkan kesan ramadhan tentang kebersamaan bisa tetap terjaga di bulan lain selain ramadhan.

Indonesia, dengan keanekaragamannya, baik suku, agama, ras, dan sebagainya pasti bisa disatukan. Kita tidak boleh mudah terpengaruh oleh konspirasi pihak lain yang menginginkan perpecahan di negeri ini. Karenanya mari kita satukan visi dan misi sebagai hamba Tuhan yang menginginkan kehidupan yang aman, tenteram, dan damai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s