Sepuluh Santapan Pengusir Insomnia

Posted: Februari 21, 2011 in News

BISA jadi insomnia alias kurang tidur alias susah tidur menjadi musuh besar Anda. Akibat nyatanya tak lain aktivitas keesokan hari di kampus ataupun tempat bekerja menjadi terganggu.

Ternyata ada lho beberapa makanan yang dapat membantu mengantuk lebih cepat dan tidur nyenyak. Cari tahu yuk…

1. Kacang Almond
Kacang ini bisa membuat otot tidak tegang dan tidurpun jadi lelap. Yang terpenting almond memberikan asupan protein yang dapat menjaga kestabilan level gula darah saat sedang tidur. Cobalah 1 sdm selai almond atau 1 ons kacang almond untuk membuat tubuh lebih relaks.

2. Teh
Minuman ini sangat ampuh dalam merelaksasi syaraf-syaraf Anda. Teh hijau dan teh chamomile merupakan pilihan yang baik untuk membuat tidur Anda lelap. Teguklah setidaknya 1 cangkir teh hangat sebelum tidur dan dapatkan tidur yang nyenyak.

3. Sup Miso
Makanan asli negeri matahari ini ternyata dapat pula membantu kelancaran tidur karena mengandung asam amino yang melancarkan produksi melatonin (hormon alami yang dapat menyebabkan kita sering menguap). Sedia selalu sup miso instan di dapur Anda.

4. Pisang
Buah berwarna kuning ini ternyata adalah sumber magnesium serta kalium yang dapat merelaksasikan otot yang tegang. Pisang juga mengandung tryptophan yang dapat menenangkan otak. Jadi jika takut tak bisa tidur malam ini? Makan pisang sebelum tidur saja.

5. Susu
Susu atau olahannya seperti keju dan yogurt dipercaya dapat melancarkan tidur juga karena mengandung tryptophan dan kalsium. Kalsium ini sangat efektif dalam mengurangi stres. Jadi dengan meneguk segelas susu atau yogurt sebelum tidur tak hanya membantu melelapkan tidur, namun juga menghilangkan semua rasa cemas Anda.

6. Oatmeal
Dengan menyantap semangkuk oatmeal hangat dapat membantu Anda relaks. Oatmeal ini sangat kaya kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang dikenal bisa melancarkan tidur Anda.

7. Telur rebus
Sulit tidur bisa disebabkan karena Anda kurang protein. Telur rebus yang kaya protein ternyata tidak hanya membuat mengantuk saja. Anda akan tertidur pulas dengan menyantapnya sebelum tidur.

8. Kedelai
Kandungan estrogen dalam kedelai ternyata dapat menghilangkan kesulitan tidur Anda. Ikuti resep singkat dan mudah ini: Dalam food processor, haluskan kurang lebih 2 cangkir kedelai matang yang sudah dikupas, tambahkan 1 sdt garam, sedikit minyak zaitun dan 1 siung bawang putih sampai halus. Kedelai siap disantap dan dapatkan tidur yang lelap.

9. Ceri
Aneh tapi nyata, segelas jus ceri ternyata dapat bikin cepat mengantuk. Penelitian membuktikan bahwa kandungan dalam ceri dapat melancarkan produksi melatonin yang dapat mengatasi insomnia.

10. Sereal
Kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya dapat meningkatkan kinerja tryptophan dalam aliran darah yang dapat melelapkan tidur Anda. Dan, sereal ini dapat memicu untuk mendengkur karena sangat efektif dalam membuat Anda terlelap. Santaplah semangkuk sereal hangat sebelum tidur dan dapatkan zzzz Anda.

Dengan makanan tersebut dijamin Anda cepat berpisah dengan si insomnia. Good luck! (MetroTV)

dikutip dari : http://id.berita.yahoo.com/insomnia-pergi-setelah-menyantap-ini-20110219-235300-694.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s